Seminar Sharing Pengetahuan Menulis Resensi Buku Layak Muat Di Media

Hampir semua media massa mempunyai rubrik resensi buku. Baik itu surat kabar harian, majalah, majalah ilmiah dan juga buletin. Bukan saja media massa bersifat umum, bahkan majalah dengan segmentasi khusus pun menyediakan halaman resensi buku. Tidak itu saja, resensi buku ada di media massa lokal, nasional maupun internasional. Untuk surat kabar harian, lazimnya resensi buku pemuatannya pada hari libur (sabtu dan minggu) dengan dua atau tiga buku yang diresensi. Penulis resensi (resensor) biasanya berasal dari luar anggota redaksi/wartawan, sehingga publik diberi lahan luas untuk menyalurkan opini dan memberi penilaian atas buku yang diresensi.

Menulis resensi buku sesungguhnya merupakan tugas utama pustakawan. Setiap hari pustakawan menggeluti buku dan sumber informasi lain untuk digunakan pemustaka. Mengolah buku agar mudah dimanfaatkan, cepat diketemukan dan menarik dibaca merupakan kompetensi dasar pustakawan. Untuk itu ketrampilan membuat abstrak (sari karangan) dari yang sederhana sampai dengan kompleks dan resensi buku diberikan di perkuliahan. Pun untuk kenaikan pangkat,menulis resensi mempunyai angka kredit yang diperhitungkan. Apalagi bila naskah itu dimuat di media massa.
Banyaknya lahan untuk menyemai tulisan resensi buku di media massa merupakan tantangan bagi pustakawan. Ada ke

sempatan luas terbentang. Sayangnya hanya sedikit dari pustakawan yang mampu menulis dan tulisannya dimuat di media massa. Ada gap lebar antara keduanya. Untuk itu Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Daerah Istimewa Jogjakarta menyelenggarakan pelatihan membuat resensi buku yang layak muat di media massa. Banyak keuntungan dapat diperoleh bila pustakawan tulisan resensinya mampu dimuat di media massa. Di samping sebagai publikasi dengan dampak yang besar, jika tulisan mampu menembus media massa akan mendapat point untuk naik pangkat dan coin yang masuk kantong. Honor yang diberikanpun sangat layak jumlahnya.
Untuk itu kami mengundang rekan-rekan pustakawan untuk mengikuti “ Sharing Pengetahuan Menulis Resensi Buku Layak Muat di Media Massa“ yang akan diselenggarakan pada:
Hari dan Tanggal : Senin, 19 Maret 2012
Jam : 09.00 – 12.00 WIB
Tempat : UPT Perpustakaan UNY Kampus Karangmalang Jalan Colombo No. 1

Pemateri:
• J. Sumardianta (Penulis Buku Simply Amazing : Inspirasi Menyentuh Bergelimang Makna, resensor buku andal yang tulisannya dimuat di media massa lokal maupun nasional dan trainer).
• M

ulyadi Adisupo (Pustakawan, Wartawan, Penulis )
Kontribusi :
• Anggota IPI Aktif / Menunjukkan KTA yang berlaku (Free)
• Pustakawan Rp 20.000,00
• Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Rp 20.000,00*)
• Umum Rp 30.000,00 *)
*) Jumlah peserta di batasi
Fasiitas:
• Makalah
• Sertifikat
• Makan Siang
• Pengetahuan
• Kesempatan pemuatan naskah resensi buku di Buletin IPI Jogjakarta

Seminar ini memberi kesempatan luas bagi pustakawan memahami teknik menulis resensi. Berbagi pengalaman mengapa tulisan resensinya dikem

balikan oleh redaktur. Atau manfaat serta keuntungan setelah tulisan kita dimuat di media massa.
Jika rekan-rekan pustakawan berminat mengikuti, silahkan menghubungi
1) Heri Abiburahman Hakim (HP. 081392156396)
2) Pranata Hadi (HP. 081804315242)
3) Arsidi Ahmad (HP. 081578955394)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *