Gunungkidul Perlu Fasilitas Pojok Baca

WONOSARI—Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Gunungkidul, Ari Ridlo berharap Gunungkidul dapat segera memiliki fasilitas Pojok Baca.

Ia mengatakan bahwa pojok baca yang dimaksud yakni sebuah ruangan yang berada di tempat umum dengan memberikan fasilitas berupa perpustakaan mini, dimana masyarakat dapat memanfaatkan buku-buku yang disediakan oleh KPAD. Tak hanya di tempat umum, namun juga pojok baca dapat ditemui di setiap kantor SKPD atau gedung pemerintahan Kabupaten Gunungkidul.

“Semua dinas atau instansi yang melayani masyarakat nantinya diharapkan memiliki pojok baca yang dapat dimanfaatkan masyarakat sembari menunggu giliran pelayanan,” kata dia, Minggu (18/9/2016).

Saat ini pihaknya masih dalam proses penggodogan Perbup terkait ketersediaan fasilitas Pojok Baca. Dengan tersedianya pojok baca, ia berharap agar setidaknya budaya membaca dapat melekat di masyarakat Gunungkidul dan kehadiran perpustakaan menjadi hal yang tidak asing lagi di masyarakat. Penempatan pojok baca di tengah masyarakat akan memberikan kesempatan bagi semua orang untuk dapat dekat dengan buku.

“Selain di ruang pelayanan publik, pojok baca juga bisa dibangun di tempat-tempat bersantai anak muda. Misalnya di Taman Kota,” kata Ali.

Sumber : http://www.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *