Blind Corner Lengkapi Fasilitas Perpustakaan

YOGYAKARTA – Kota Yogyakarta berupaya mengoptimalkan pelayanan publik terutama bagi penyandang disabilitas tuna netra atau low vision.

Salah satunya dengan meluncurkan fasilitas Blind Corner Untuk Anda (Belinda) di Perpustakan Kota Yogyakarta, Kotabaru. “Pelajar atau mahasiswa yang memiliki keterbatasan indera penglihatan selama ini belum terwadahi secara optimal. Fasilitas ini sengaja kami hadirkan untuk mempermudah penyandang tuna netra dan low vision mengakses koleksi pustaka yang ada di sini,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, kemarin.

Dijelaskannya, fasilitas Belinda dilengkapi komputer dengan program JAWS, sebuah aplikasi yang mampu merubah media cetak menjadi media dengar atau buku bicara. Tak hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga menyiapkan pustakawan untuk membantu proses pencarian buku dari rak maupun file komputer. “Fasilitas Belinda kami tempatkan di bagian utama ruang baca lantai satu agar lebih memudahkan pemustaka tuna netra atau low vision mengaksesnya,” jelas Wahyu.

Selain itu fasilitas lain berupa koleksi buku berhuruf braille terbitan Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Bandung serta digital talking books berupa DVD dan soft file. Sementara itu, salah satu mahasiswa penyandang tuna netra, Rahman Agus Priana mengapresiasi adanya fasilitas baru di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Fasilitas tersebut dinilai sangat bermanfaat bagi penyandang tuna netra dan low vision dalam mengakses koleksi pustaka dan literatur lainnya.

“Tapi kami juga berharap literasi berhuruf braille diperbanyak. Selama ini kami merasa masih minim sehingga kerap kami bergantung pada orang lain untuk mengakses buku yang belum berhuruf braille,” ujarnya.

Sumber: koran-sindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *