5 Cara Menumbuhkan Minat Baca Menurut Najwa Shihab

Sejak menjadi Duta Baca Indonesia tahun lalu, presenter Najwa Shihab (39) terus mengajak masyarakat mencintai buku. Tugas ini tak bisa dikerjakan sendiri. Ini kerja kolektif. Najwa Shihab dan tim menularkan virus cinta buku dengan mengunjungi banyak daerah. Senin (13/2) misalnya, Najwa Shihab mendatangi festival Mocosik Membaca Musik Menyanyikan Buku di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Dalam acara yang dihelat Indihome dan Rajawali Indonesia Communications itu, Najwa membagikan lima tip mencintai buku kepada para pengunjung. “Pertama, cari tahu minat kamu apa lalu carikah buku yang sangat berhubungan dengan minatmu. Setelah mendapatkannya, bacalah. Kedua, luangkan waktu khusus untuk membaca. Sebelum berangkat kerja? Boleh. Atau pas makan siang? Boleh. Setengah jam sebelum tidur? Boleh juga,” ujar Najwa Shihab kepada tabloidbintang.com di Yogyakarta.

 

Saran ketiga dari Najwa Shihab, jangan hanya membaca satu buku dalam pada satu kurun waktu tertentu. Mengingat, dalam sehari mood atau suasana hati seseorang berubah-ubah. Sementara suasana hati sangat memengaruhi minat seseorang mau melakukan apa termasuk mau membaca apa. Najwa biasanya membeli beberapa buku baru sekaligus.

Saat suasana hati tiba-tiba berubah dan sedang tidak ingin membaca buku A, ia menandai halaman terakhir yang dibaca di buku tersebut lalu membaca buku lain sesuai kata hati saat itu. Keempat, tandai bagian yang paling menarik dari buku itu lalu bagikan kepada orang lain.

“Kelima, setelah ditandai, tulis ulang bagian yang menurut Anda menarik itu. Menurut saya, pengetahuan itu jangan hanya diendapkan di pikiran. Tapi, harus diabadikan dan disampaikan agar tidak mudah terlupakan,” pungkas Najwa Shihab.

Sumber : http://www.tabloidbintang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *