Skip to main content

Dinas Perpustakaan Kulonprogo Gelar Pameran Arsip

WATES, Dinas Keperpustakaan dan Arsip Kabupaten Kulonprogo menggelar Pameran Kearsipan bertemakan “Kulonprogo dalam Lintasan Sejarah”. Dibuka Kamis (23/03/2017) oleh Staf Ahli Bidang  Kemasyarakatan dan SDM Setda Kulonprogo dr H Lestaryono MKes dengan didampingi Kabid Arsip Dinamis BPAD DIY Drs Muhammad Subandriyo, pameran akan berlangsung hingga 5 April, di halaman dinas. Dalam kesempatan itu diserahkan pula bantuan 12 komputer untuk 4 Perpustakaan Desa (Giripurwo, Sentolo, Sukoreno, dan Hargorejo) dari Perpus Seru.

Staf Ahli Bupati, Lestaryono melihat arsip yang rusak karena tidak terawat. (Foto: Widiastuti)

Menurut Lestaryono, pameran kearsipan ini berawal dari keprihatinan terhadap lembaga pemerintah yang belum memiliki pengelolaan yang baik dalam hal kearsipan, sehingga banyak arsip yang hilang, tercecer dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat, bangsa maupun negara.

“Arsip merupakan hal penting, karena merupakan rekaman sejarah atau peristiwa yang telah kita lakukan dan membutuhkan pengelolaan yang baik. Pameran arsip merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat,” kata Lestartono.

Drs H Harminto MM Plt Kadinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulonprogo menambahkan, bahwa selama ini arsip baik keluarga maupun lembaga masih rendah. “Kami tidak segan-segan terjun ke desa bahkan ke pedukuhan bila dibutuhkan akan memberikan pengetahuan tentang kearsipan baik tata cara dan pengelolaan biar awet. Karena arsip kalau pengelolaan tidak benar maka tidak awet,” kata ujarnya.(Wid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *