Candi Borobudur Bakal Jadi Perpustakaan Dunia untuk Ikon Joglosemar

CANDI Borobudur semakin dipercantik konsepnya agar tidak membuat wisatawan bosan datang. Karena sejak warisan budaya Buddisth ini menjadi ikon Joglosemar.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko Edi Setijono mengatakan, Candi Borobudur merupakan golongan destinasi kultural yang harus dilestarikan. Sejak lama, candi yang dibangun oleh Wangsa Sailendra itu mampu memikat ratusan juta wisatawan.

“Kita tahu per hari ini atau di tahun 2016 kemarin ada 275 wisatawan datang ke Borobudur. Tercatat setiap hari orangnya tambah banyak datang dari berbagai penjuru dunia,” ujar Edi saat ditemui di kawasan Sleman, Yogyakarta, Kamis (4/5/2017).

Edi menambahkan, Candi Borobudur juga sedang dikembangkan agar dapat menjadi perpustakaan dunia. Semua pengunjungnya bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan warisan sejarah yang dinyatakan sebagai situs UNESCO.

“Kami sedang melakukan konsep pengembangan, namanya inspiring heritage. Kita tempatkan Borobudur jadi perpustakaan besar bangsa ini yang harus dikomunikasikan,” imbuh dia.

Master plan untuk mewujudkan konsep itu sedang dibuat. Karena Candi Borobudur bisa membantu menambah jumlah wisatawan yang diinginkan pemerintah pusat.

Number : http://lifestyle.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *