12 Perpustakaan Desa Butuh Suntikan Motivasi

SLEMAN—Pengelolaan perpustakaan desa masih perlu terus dimotivasi. Saat ini tercatat baru ada 12 dari 86 desa di Sleman yang memiliki perpustakaan desa. Dari 12 perpustakaan desa yang sudah ada, rupanya belum semuanya berkembang dengan baik.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Sleman Ayu Laksmi Dewi mengatakan dari 12 perpusdes, yang baru berkembang salah satunya di Widodomartani, Kecamatan Ngemplak. Perpusdes itu bahkan bisa memiliki mobil perpusds.

Click Here

“Saat ini desa memiliki dana yang cukup besar, baik dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa. Ini potensi yang bisa dikembangkan,” katanya, Jumat (5/5/2017). Dengan demikian, upaya untuk memiliki perpustakaan saat ini tergantung dari komitmen Pemerintah Desa, dalam hal ini kepala desanya.

Ketika ada alokasi yang dianggarkan, maka keberadaan perpusdes tentu bisa berkembang dengan baik. Keberadaan perpusdes menjadi sebuah kewajiban untuk ikut mencerdaskan masyarakat. “Jika perlu ada program menghantarkan buku ke rumah. Ini menjadi program yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat,” tandasnya.

Sumber : http://www.solopos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *